Friday, September 04, 2009

Heal the World

Heal the world make it a better place
For You and for me and the entire human race
There are people dying if you care enough for the living
Make a better place for you and for me
(King of Pop)

Bagaimana dengan kita, sobat?

Dunia dikejutkan dengan kehilangan salah satu orang yang berkontribusi besar dalam dunia musik. Raja Pop, Michael Jackson, telah tiada sekarang namun karyanya berupa lagu tetap abadi sepanjang masa, salah satu judulnya adalah “Heal the World”.

Saya mendapatkan lagu ini dalam deretan lagu-lagu motivasi yang sering dilakukan dalam pelatihan-pelatihan dalam sebuah seminar.

Kemudian salah seorang rekan saya bertanya kepada saya lewat sebuah telepon, apakah saya mempunyai lagu-lagu yang akan digunakan pada pertemuan para eksekutif dalam departemennya.
Itu terjadi sekitar dua tahun yang lalu.

Di awal tahun 2009 ini, saya malah diminta untuk membuat presentasi untuk atasannya dan setelah banyak lagu yang dipilih sebagai background presentasi yang akan dibuat, akhirnya dipilihlah lagu “Heal the world” ini.

Sebuah “Magical Moment” terjadi.

Setelah mendapat lagu itu, saya dengan mudah menggabungkan antara satu gambar dengan gambar yang lain sehingga mendapatkan sebuah presentasi dalam bentuk “movie” atau film.

Isi presentasi itu sebenarnya menggambarkan kondisi dunia yang terkena dampak krisis, bagaimana dampaknya ke Asia seperti Negara Jepang, Cina, Korea dan termasuk juga kondisi di Indonesia.

Walaupun dampak krisis sekarang, sudah agak menurun, namun kita tetap harus waspada, dan saya menceritakan ha ini sebagai latar belakang mengapa saya tertarik membahas topik ini.

Lepas dari kontroversi harta kekaayaan Michael Jackson, mari kita berpikir sesuatu yang positif dari “apa” yang dia berikan bagi dunia.

“Heal The World”. Terjemahan bebasnya adalah sembuhkan dunia. Dunia kita sedang sakit.

Walalupun dunia yang kita tinggalkan ini sementara. Berinvetasilah. Banyaklah berdoa karena doa adalah tabungan kita dunia dan akherat dan caranya pun mudah.

Berdoa saja, minta saja, percaya maka niscaya engkau akan menerimanya sesuai dengan waktu dan kehendakNya.

Karena apa yang ditabur orang, itu pulalah yang akan dituainya.

Sementara hidup kita dibumi, kita juga tetap harus memeliharanya seperti pada kampanye selamatkan bumi yang kita kenal dengan ”Global Warming”.

Kita mungkin tidak dapat berkontribusi besar seperti Michael Jackson atau Al Gore sebagai orang yang berperan penting dalam ”Global Warming” atau pemanasan bumi.
Namun kita pasti dapat melakukan sesuatu.

Dan mengapa pula sekarang saya sangat antusias dalam memberikan tulisan baik berupa artikel, buku, pelatihan, ceramah, seminar dan media lainnya?

Karena satu hal. Saya ingin meninggalkan warisan yang baik bagi dunia ini.

Lewat peran dan profesi kita.

Apapun peran dan profesi kita, kita mampu berkontribusi positif bagi dunia ini.

Meminjam istilah AA Gym. Yaitu 3 M
• Mulailah dari diri sendiri
• Mulailah dari hal-hal yang kecil
• Mulailah sekarang

Langkah seribu yang banyak itu dimulai dari langkah yang pertama yaitu bertindak.

Heal the world make it a better place
For You and for me and the entire human race
There are people dying if you care enough for the living
Make a better place for you and for me