Saturday, September 12, 2009

1A. Prinsip Tanam Tuai

A. Prinsip Tanam Tuai

Alam sebagai bagian dari ekosistem bumi mempunyai satu sistem yaitu Prinsip Tanam Tuai atau sebab akibat. Prinsip Tanam Tuai adalah sebuah prinsip dasar kesuksesan kita.

Bila anda menanam jagung, maka anda akan menuai jagung
Bila Anda menanam sirih, maka anda akan menuai sirih
Bila Anda menanam semangka, maka anda akan menanam semangka

Buah semangka berdaun sirih hanya ada dalam lirik lagu atau sebuah kata kiasan saja, di dunia nyata hal ini tidak berlaku.

Benih jagung pada contoh diatas disebut masukan atau Input, sedangkan jagung pada contoh diatas disebut keluaran atau Output dan diantara bagian masukan dan keluaran ada sebuah bagian yang disebut proses atau process.

Jadi secara lengkap siklus Prinsip Tanam Tuai ini dapat dijabarkan sebagai berikut :

Masukan (Input) – Proses (Process) – Keluaran (Output)

Ini adalah keseluruhan sistem yang dicakup oleh prinsip Tanam Tuai sebagai salah satu bagian dari hukum alam.

Prinsip itu bersifat abadi, tidak termakan waktu, hasilnya mungkin tidak cepat namun hasilnya dapat dipertanggung jawabkan. Prinsip itu berlaku di belahan dunia manapun karena bersifat universal, terkadang terjadi diluar pemahaman dan kesadaran kita sehingga membutuhkan kebijakan untuk menyikapi segala proses yang terjadi hidup kita yang selaras dengan hukum alam ini.

Jadi selain benih, yang menjadi peran kunci pertama yang menunjang sukses, adalah peran kunci kedua yang tidak kalah pentingnya yaitu bagian proses. Ini merupakan salah satu prinsip lain yang mendukung Hukum Tanam Tuai ini yaitu prinsip Pertumbuhan dan Perkembangan.

Kesimpulannya, bila anda ingin berhasil dalam hidup ini, kelolalah bagian input dan process anda, maka hasil anda atau output akan mengikuti dengan sendirinya.

Salam Champion
Surya Rachmannuh lahir di Jakarta 1970, lulusan S1 dari Bunda Mulia dan S2 dari Jakarta Institute of Management Studies, Certified ISO Lead Auditor dari SGS, Certified Webmaster dan Problem Solving & Decision Making. Aktif di PT. Kalbe Farma, tbk sebagai “Training Specialist”. Hasil tulisannya dapat dilihat di www.webiddesign.com dan suryarachmannuh.blogspot.com