Saturday, September 12, 2009

6D. Mendapatkan Kepercayaan

Kepercayaan didapatkan dari tindakan-tindakan prestasi yang kita lakukan di masa lalu sehingga membangun sebuah kredibilitas diri yang baik di mata orang lain.

Sekitar dua tahun yang lalu saya diminta oleh salah seorang saya dari departemen saya yang mendapat tugas untuk mengumpulkan lagu-lagu motivasi selama para eksekutif melakukan rapat besar untuk meningkatkan semangat.

Sayapun meminjamkan semua lagu-lagu motivasi yang saya miliki dan ternyata acaranya sukses. Dan saya pun menabur kebaikan diantara rekan-rekan kerja karena lewat pengalaman saya sebagai instruktur dalam bidang design dengan jabatan “Senior Training” di Binus Training Center ternyata saya mendapatkan peluang yang tidak saya sebutkan satu persatu sehingga saya berhasil sampai saat ini.

Sebagai puncaknya, awal tahun ini saya mendapatkan kepercayaan langsung dari Presiden Direktur tempat saya bekerja untuk membuat presentasi dalam bentuk film atau movie dan sayalah satu-satunya orang yang mampu melakukan hal itu.

Sebuah kepercayaan yang sangat tinggi nilainya dan sampai sekarang saya masih menyimpan email hasil ucapan terima kasih atas kerjasama tim dan kontribusi saya terutama dalam penyiapan presentasi yang begitu suksesnya dan dalam kurun waktu yang singkat.

Kembali ini selaras dengan prinsip tanam tuai. Anda tetap menabur benih-benih kepercayaan kepada orang lain karena kita tidak tahu kapan persisnya akan menuai, dan yang paling penting dari itu semua adalah hasil kebahagiaan batin yang anda telah anda terima ketika anda memberikan bantuan kepada orang lain.

Lebih berbahagia orang yang memberi daripada yang menerima.

Salam Champion
Surya Rachmannuh