Saturday, September 12, 2009

4D. Merangkul Perubahan di Masa Depan

Perubahan dalam diri maupun organisasi tidak dapat dielakkan. Ada yang berpendapat bahwa yang abadi adalah perubahan itu sendiri. Entahlah, saya tidak mau membahas hal keabadian ini, yang ingin saya bahas adalah bagaimana kita merespon terhadap perubahan ini yang akan terjadi di masa depan kita.

Namun yang pasti, tubuh dan sel-sel anda sedang berubah, global warming, pasar modal yang naik turun sehingga bikin sport jantung bagi para spekulator, alih-alih daripada anda menghindari perubahan yang terjadi, mendingan sekalian anda rangkul dan mempelajarinya untuk mengurangi dampak resiko yang mungkin terjadi.

Bahkan pohon mangga di depan rumah sayapun sedang bertumbuh sekitar 10 cm setiap 2 minggunya dan saya sangat menikmati perubahannya daunnya dari kuncup, menjadi kembang berwarna merah muda, menjadi merah tua dan akhirnya kembali ke warna hijau muda, hijau tua, berubah warna ujungnya seperti warna karat dan seterusnya.

Itulah hukum alam, tidak ada yang dapat mengaturnya kecuali anda yang dapat mengatur respon anda terhadap hal itu.

Growing or Die.

Kita berubah menjadi tua itu pasti tapi berubah menjadi pribadi yang mandiri adalah pilihan. Berawal dari tekad saya dimasa muda untuk berkontribusi positif bagi bangsa dan ditambah dengan pernyataan misi, saya sekarang memfokuskan tujuan saya itu sebagai penulis, pelatih dan pembicara yang sudah menjadi panggilan kehidupan saya.

Inspirasi ini saya dapatkan dari Bpk. Andreas Harefa dengan visi 2045 nya, yaitu dengan menciptakan 1000 trainer untuk Indonesia dan mungkin juga saya salah satu yang diantaranya.

Ketika perubahan terjadi sebagai sebuah peristiwa, anda bisa menerimanya dan belajar cara memanfaatkannya atau anda bisa menolaknya dan akhirnya terlindas olehnya.

Itu pilihan anda.

Bila anda sepenuhnya merangkul perubahan di masa depan sebagai bagian yang tidak terhindari dari kehidupan dengan cara menggunakan perubahan baru untuk membuat kehidupan anda lebih baik, lebih memudahkan hidup anda, maka kita akan mengalami perubahan sebagai ”peluang” untuk pertumbuhan dan mendapatkan tantangan yang baru.

Ralph Waldo Emerson mengatakan bahwa apa yang ada ada dan didepan kita adalah hal-hal yang sepele jika dibandingkan dengan potensi yang ada dalam diri kita. Saat anda memikirkan sebuah perubahan, maka hal-hal yang lain akan mengikuti dengan sendirinya.

Salam Champion
Surya Rachmannuh