Saturday, September 12, 2009

8D. Komitmen

Wah, kalau yang ini tidak mudah nih menjelaskannya. Kalau begitu saya menjelaskannya lewat sebuah ilustrasi berikut ini :

Pagi hari ini saya makan nasi goreng dengan lauk telur dadar dan empal daging sapi. Telur dadar ini disebut emansipasi atau terlibat saja, karena sang ayam masih hidup di kandang dengan bebasnya sedangkan empal daging sapi inilah yang kita sebut komitmen.

Mengapa?

Karena proses bagaimana empal daging sapi tadi bisa singgah di piring saya. Itu melewati banyak sekali proses. Sang sapi harus merelakan diri dipotong di pejagalan sapi, kemudian dibawa ke pasar, dipotong-potong lagi menjadi kiloan, sesampainya dirumah, digeprak lagi dagingnya supaya menjadi pipih, diberikan bumbu, kemudian digoreng dalam minyak wajan yang panas, ditiriskan, didiamkan sejenak supaya menjadi dingin, kemudian diberikan bawang goreng sebagai tambahan aroma, dipamerkan di warung makan, dibeli oleh mbok narti, asisten saya, dibungkus dan terakhir disajikan sebagai makan pagi saya.

Komitmen adalah sebuah bentuk sikap para Champion yang terpuji yaitu dengan menepati apa yang telah dijanjikan, sehingga mau tidak mau harus dilaksanakan apapun resikonya karena ini menyangkut kredibilitas diri kita dimata orang yang menerima komitmen kita.

Perhatikan lagi :

Karakter - Komitmen - Hasil Champion


Jadi

• Layak dipercaya akan berbuah kepercayaan, suatu saat bisa jadi pengusaha atau dipercaya buka usaha oleh pengusaha atau bekerja pada pengusaha dengan hasil yang diinginkan (Outcome)

• Menghargai orang, maka anda akan mempunyai banyak teman dikelilingi oleh orang-orang yang Champion juga (Networking)

• Tanggung jawab, maka anda fokus untuk menyelesaikan suatu tugas sampai tuntas dan tidak menyalahkan orang lain di dalam kehidupan anda. Anda bertanggung jawab 100% dalam kehidupan anda. (It’s My Life)

• Keadilan, maka sebisa mungkin memberikan kepada orang, atas prestasi yang memang menjadi bagiannya a (Performance)

• Kepedulian, maka anda bisa peduli pada keadaan orang lain, merangkul mereka dan mengangkat harga diri mereka supaya dapat berdiri sejajar dengan kita dan bersama mencapai cita-cita kita bersama. (We are the Champions)

• Jujur, bahwa anda itu tulus dapat berani berkata apa adanya (Just to be You)

• Keberanian, anda dapat mengubah nasib dengan membuat misi dalam hidup ini (Mission Statements)

• Ulet, anda teguh mempertahankan kegagalan demi kegagalan untuk mencapai keberhasilan anda. Prestasi demi prestasi terbaik dalam hidup. (Persistent)

• Integritas, setiap perkataan yang anda lakukan telah anda perhitungkan dan dapat dilaksanakan (Walk the Talk)

• Jadi warganegara yang baik, menjadi seorang Champion yang membela tegakya integritas dan integrasi bangsa Indonesia dengan semangat kebangsaan yang luhur.

Dan inilah komitmen seorang pribadi yang Champion dan untuk membentuk komunitas yang Champion juga.


We are the champions, my friends
We keep on fighting to the end

We are the champions, we are the champions
No time for loser
Coz we are the champions
Of the world.

Salam Champion
Surya Rachmannuh