Tuesday, August 24, 2010

Self Management Skills

Berjuang atau sekedar hidup - mana diantar kata-kata ini yang menggambarkan diri anda?

Jika anda menggambarkan diri anda sebagai sekedar hidup saja (survivor) anda mungkin akan mengalami permasalahan, anda mungkin merasa bahwa anda mempunyai mode yang reaktif dibandingkan dengan melandaskan tingkah laku dan tindakan anda pada nilai dan prinsip-prinsip dasar hidup anda. Anda mungkin akan mengalami kesulitan di dalam mencari keseimbangan antara dunia pribadi dan kerja anda serta kebutuhan organisasi, orang lain dan diri anda sendiri.

Seseorang yang berjuang untuk mencapai posisi manajerial menyadari bahwa untuk secara efektif menghadapi kepedulian dari organisasi dan orang-orang yang ada di dalamnya, dia harus juga memastikan bahwa setiap orang perlu mendapatkan perhatian. Manajer yang mempunyai tipe seperti ini mempunyai fleksibilitas dan adaptasi yang baik. Mereka menciptakan keseimbangan antara stress yang positif dan negatif, kepercayaan diri dan penerimaan diri.

Ini berarti kita membutuhkan waktu untuk merefleksikan diri sendiri atas sikap dan tingkah laku kita sehari-hari yang sesuai dengan etika dan prinsip dasar seorang pemimpin. Ini juga berarti menempatkan prioritas yang tinggi pada pengembangan dan pembelajaran diri sendiri yang baik.

1. Integritas (Act with integrity) : kemampuan untuk menunjukkan prinsip kepemimpinan dan etika bisnis; kemampuan untuk menunjukkan konsistensi dari prinsip, nilai dan tingkah laku kita; kemampuan untuk membangun kepercayaan dengan orang lain melalui otensitas diri dan diikuti dengan komitmennya

2. Adaptasi (Adaptability) : kemampuan untuk menangani tantangan pekerjaan sehari-hari; memiliki keinginan dan mampu memenuhi permintaan, prioritas, kebingungan dan perubahan yang banyak; menunjukkan ketenangan didalam menghadapi kekurangan, frustasi dan halangan; kemampuan untuk fleksibel

3. Pengembangan diri I(Develop oneself) : kemampuan untuk belajar dari pengalaman; kemampuan untuk secara aktif giat dalam belajar dan pengembangan diri sendiri; kemampuan untuk mencari dan meminta umpan balik dari rekan / orang lain; kemampuan untuk memodifikasi tingkah laku dari hasil umpan balik orang lain tersebut


Salam Kompetensi

(diterjemahkan dari "Successful Manager's Handbook", Personnel Decision)

Surya D. Rachmannuh adalah seorang praktisi HR, Manajemen Mutu, Auditing and Competency Based training yang bertujuan untuk membantu orang mengembangkan potensinya secara maksimal. Surya mempunyai sertifikasi Internal Quality Auditor dari Neville Clarke, Lead Auditor dari SGS, Problem Solving and Decision Making dari Kepner Tregoe, CPHR dari SHRM. Surya dapat dihubungi di 0819 3210 5388 atau melalui email di dsuryar@gmail.com