Karena dunia dan lingkungan kerja kita acapkali berubah, maka strategi dan prioritas dari organisasi dan manajer harus mengikuti perubahan ini.
Kebanyakan perusahaan yang menjadi perusahaan global atau yang mempunyai pemikiran global, kompetisi di dunia kerja memerlukan peningkatan yang terus menerus didalam produk dan jasanya. Ini semua harus berfokus pada kebutuhan dan harapan pelanggan dengan menyediakan layanan pelanggan dan pengembangan atas sumber daya internal perusahaan lainnya.
Kita juga tahu bahwa bisnis semakin meningkat dan harus dikelola dengan baik. Akhirnya, organisasi juga harus mendapatkan keuntungan yang optimal untuk jangka pendek dan jangka panjang yang membutuhkan pemikiran yang sangat panjang dan terencana.
(Long Term Development Plan)
Pada bagian ini kita membutuhkan ketrampilan-ketrampilan sebagai berikut :
1. Mengelola Keuntungan (Manage Profitability) : kemampuan untuk menekankan kebutuhan kontribusi departemen / unit bagi keuntungan perusahaan; kemampuan untuk mengambil keputusan yang meningkatkan posisi keuangan perusahaan
2. Pengembangan mutu (Commit to Quality) : kemampuan untuk mengetahui kebutuhan untuk secara konsisten menghasilkan produk atau jasa yang bermutu tinggi; kemampuan untuk menentukan standar dan mengevaluasi produk, proses dan/atau jasa berdasarkan standar industri yang baku; serta mampu menangani persoalan yang berkaitan dengan mutu (Quality Management System / ISO)
3. Kepuasan Pelanggan (Focus on Customer Needs) : kemampuan untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggan; kemampuan untuk mengambil tindakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan; kemampuan untuk secara terus menerus mencari cara untuk memuaskan pelanggan
4. Kepemilikan (Corporate Citizenship) : kemampuan untuk menggunakan sumber daya perusahan secara bijak; kemampuan untuk masuk dalam komunitas dalam menangani isu-isu yang berkaitan dengan bisnis; mengatur waktu dan usaha untuk keberlangsungan hidup perusahaan (Sense of belonging)
5.Implikasi Global (Recognize Global Implications) : kemampuan untuk memahami isu dan trend, perspektif dari berbagai budaya dan bangsa; kemampuan untuk mengenali apa yang terbaik dalam sebuah negara mungkin "tidak cocok" aplikasi dengan negara sendiri; kemampuan untuk menentukan perbedaan budaya dan agrikultur didalam menentukan strategi perusahaan dan pendekatan bisnisnya
Salam Kompetensi
(diterjemahkan dari "Successful Manager's Handbook", Personnel Decision)
Surya D. Rachmannuh adalah seorang praktisi HR, Manajemen Mutu, Auditing and Competency Based training yang bertujuan untuk membantu orang mengembangkan potensinya secara maksimal. Surya mempunyai sertifikasi Internal Quality Auditor dari Neville Clarke, Lead Auditor dari SGS, Problem Solving and Decision Making dari Kepner Tregoe, CPHR dari SHRM. Surya dapat dihubungi di 0819 3210 5388 atau melalui email di dsuryar@gmail.com