Sunday, August 22, 2010

Kompetensi Seorang Leader

Seorang Leader yang baik tidak lahir begitu saja, dia harus dibentuk melalui ketrampilan dan sikap mental yang teraplikasi baik pada situasi dan kondisi tertentu.

Paling tidak ada 39 ketrampilan yang harus dimiliki seorang pemimpin yang terbagi dari berbagai Cluster yang semuanya terangkum sebagai berikut :

1. Dimensi Berpikir (Thinking Factor), yang terdiri dari kemampuan untuk Berpikir Strategis(1), Analisa Isu-isu yang terjadi(2), Pengambilan Keputusan(3) dan Inovasi(4)

2. Dimensi Administrasi (Administrative), yang terdiri dari kemampuan untuk Menyusun Perancanaan(5), Pengorganisasian(6), Membangun Sistem dan Prosedur(7), Mengatur Pelaksanaan(8), dan Efisiensi dalam bekerja(9)

3. Dimensi Kepemimpinan (Leadership) yang terdiri dari kemampuan untuk Memberikan Arahan (10), Memimpin dengan tepat (11), Mempengaruhi orang lain (12), Membangun Teamwork (13), Memotivasi orang lain (14), Membimbing orang lain (15), Mengelola Perubahan (16)

4. Dimensi Interpersonal yang terdiri dari Membangun Hubungan (17), Bertingkah laku dalam Organisasi(18), Memperluas Jaringan(19), Menghargai Perbedaan(20), Mengelola Konflik (21)

5. Dimensi Komunikasi yang terdiri dari kemampuan untuk Menulis(22), Teknik Presentasi(23), Mendengarkan(24), Komunikasi terbuka (25), Berbicara Efektif(26)

6. Dimensi Motivasi yang terdiri dari kemampuan untuk melakukan Komitmen(27) dan Berorientasi pada Hasil Pencapaian (28)

7. Dimensi Self Management yang terdiri dari kemampuan untuk Mengembangkan Diri Sendiri (29), Beradaptasi (30), Integritas(31)

8. Dimensi Organisasi yang terdiri dari kemampuan untuk Mengetahui Bisnis(32), Menggunakan Data Teknis(33), Menggunakan Data keuangan dan data Kuantitatif(34)

9. Dimensi Strategi Organisasi yang terdiri dari Implikasi Global(35), Kepemilikan terhadap organisasi(36), Customer Satisfaction(37), Quality Management(38) dan Mengatur Profitability(39)

Jadi, itulah ke sembilan dimensi dan 39 Aspek ketrampilan / skill yang harus dimiliki oleh Leader / Manager yang berhasil.

Kita tentu tidak begitu saja dapat mengembangkan diri sampai ke 39 aspek tersebut. Pilihlah dua atau tiga aspek yang sangat terasa manfaatnya bagi bisnis atau pengembangan usaha anda.

Selamat bereksplorasi. Make It Happen

Surya D. Rachmannuh adalah seorang praktisi HR, Manajemen Mutu, Auditing and Competency Based training yang bertujuan untuk membantu orang mengembangkan potensinya secara maksimal. Surya mempunyai sertifikasi Internal Quality Auditor dari Neville Clarke, Lead Auditor dari SGS, Problem Solving and Decision Making dari Kepner Tregoe, CPHR dari SHRM. Surya dapat dihubungi di 0819 3210 5388 atau melalui email di dsuryar@gmail.com