Tuesday, August 24, 2010

Interpersonal Skills

Manajer yang sukses dan sangat dihargai mengetahui bahwa kemampuan antar pribadi (people skill) sangatlah penting dalam bisnis. Dengan membangun sebuah hubungan memberi dan mengambil (give and take) dimana kita disarankan untuk mengembangkan pengertian dan penghargaan diri orang lain, mengetahui kebutuhan dan perasaan orang lain, fokus pada aspek positif ketika menghadapi sebuah konflik, dan melihat perbedaan orang lain sebagai dasar pembentukan sebuah tim yang solid, maka kita dapat membuat sebuah suasana yang sehat untuk produktivitas kerja yang baik.

Sebagai tambahan, kita dapat meningkatkan kebutuhan pribadi dan profesional kita dengan kolega, atasan, orang lain dan diri anda sendiri. Ada 5 aspek pengembangan dalam Interpersonal skill ini adalah sebagai berikut :

1. Membangun hubungan (Build Relationship) : Kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain dalam sebuah keterbukaan, persahabatan, dan penerimaan yang baik; kemampuan untuk menunjukkan ketertarikan di dalam diri orang lain serta pola pikirnya sendiri; kemampuan untuk menginisiasi dan membangun hubungan dengan orang lain sebagai kunci utama keberhasilan dalam bisnis

2. Berorganisasi (Organizational Savvy) : kemampuan untuk membangun sebuah hubungan give-and-take dengan orang lain; memahami agenda dan pola pikir orang lain; mengenali dan secara efektif mengimbangi ketertarikan dan kebutuhan orang lain yang dibandingkan dengan tujuan utama kita yaitu memenuhi kebutuhan organisasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kebutuhan pribadi atau golongan

3. Membangun jaringan (leverage networks) : kemampuan untuk mengidentifikasi dan membangun hubungan dengan pemangku jabatan penting yang berbeda fungsi dan jabatan; kemampuan untuk menggunakan jaringan informal untuk mencapai sasaran perusahaan; kemampuan untuk membangun jaringan yang kuat di luar organisasi yang sama indstrinya atau profesi tertentu

4. Menghargai perbedaan (Value Diversity) : Menunjukkan penghargaan serta apresiasi untuk setiap orang dengan tidak memedulikan latar belakang, ras, umur, jenis kelamin, ketidakmampuan, nilai, gaya hidup, cara pandang atau hobby; kemmapuan untuk mencari pemahaman atas sudut pandang orang lain; kemampuan untuk melihat perbedaan dalam diri orang sebagai kesempatan untuk belajar bagaimana melakukan pendekatan yang berbeda pula

5. Mengatasi konflik (Manage Disagreements) : Kemampuan untuk membawa konflik yang substansi dan ketidaksetujuan kedalam sebuah era keterbukaan dan menyelesaikannya secara kolaboratif; kemampuan untuk membuat konsensus


Salam Kompetensi

(diterjemahkan dari "Successful Manager's Handbook", Personnel Decision)

Surya D. Rachmannuh adalah seorang praktisi HR, Manajemen Mutu, Auditing and Competency Based training yang bertujuan untuk membantu orang mengembangkan potensinya secara maksimal. Surya mempunyai sertifikasi Internal Quality Auditor dari Neville Clarke, Lead Auditor dari SGS, Problem Solving and Decision Making dari Kepner Tregoe, CPHR dari SHRM. Surya dapat dihubungi di 0819 3210 5388 atau melalui email di dsuryar@gmail.com