Tuesday, August 24, 2010

Communication Skills

Ketrampilan komunikasi membentuk kesuksesan fundamental dari sebuah organisasi. Ini sangat penting karena kita terkadang beranggapan bahwa diri kita sudah "mampu" dalam melakukan komunikasi. Intinya, ketrampilan komunikasi diperlukan untuk memimpin orang lain. Anda tidak dapat memimpin orang lain jika tidak diiringi oleh kemampuan kita mempresentasikan "ide" kita untuk mempengaruhi orang lain secara baik. Orang-orang tidak akan mengikuti anda hanya jika anda memiliki kemampuan untuk memimpin mereka dan ini membutuhkan sebuah kepercayaan yang terjadi lewat komunikasi dua arah.

Komunikasi yang efektif terdiri dari kemampuan berbicara dan mendengarkan, memberitahukan orang lain, dan mendukung atmosfir ke komunikasi terbuka. Ketika anda menguasai hal-hal itu, anda akan mempunyai kekuatan, ya sebuah kekuatan untuk memimpin orang lain dan menyelesaikan tugas-tugas yang telah anda beritahukan kepada mereka untuk mencapai sasaran perusahaan.

Komunikasi yang efektif juga melibatkan :

* Mengetahui siapa-siapa saja yang membutuhkan informasi dan komunikasi dimana informasi itu mudah didapatkan secara cepat
* Memilih dan secara efektif menggunakan media komunikasi, baik lisan maupun tulisan, bagi orang-orang yang akan menerima informasi dan bagaimana cara menggunakan informasi itu
* Tahu cara mendengarkan secara baik
* Membantu orang lain melakukan komunikasi dengan baik, dan memastikan bahwa komunikasi terbuka terjadi diantara anggota tim dan orang-orang lain yang membutuhkan informasi dari dept/divisi kita.

Ada Lima Area pengembangan dalam ketrampilan komunikasi ini yaitu
1. Berbicara Efektif (Speak Effectively) : kemampuan untuk berbicara secara jelas dan mengekspresikan diri dengan baik di dalam tim dan dalam percakapan one-on-one

2. Komunikasi Terbuka (Open Communication): Menciptakan suasana dimana kualitas informasi yang uptodate dapat mengalir dengan baik diantara diri sendiri dan orang lain; serta mampu mendukung ekspresi dari ide dan opini orang lain

3. Mendegarkan (Listen to others) : Kemampuan untuk secara aktif dan mendapatkan pengertian dari komentar dan pertanyaan orang lain; serta mampu mendengarkan dengan baik di dalam grup

4. Teknik Presentasi (Deliver Presentations) : Kemampuan untuk mempersiapkan dan melakukan presentasi; serta mampu untuk membawakan diri dengan baik di depan orang banyak

5. Komunikasi tertulis (Written Communication) : Kemampunan untuk menggabungkan informasi secara jelas dan efektif lewat dokumen formal dan informal; Kemampuan untuk meninjau dan mengedit pekerjaan penulisan


Salam Kompetensi

(diterjemahkan dari "Successful Manager's Handbook", Personnel Decision)

Surya D. Rachmannuh adalah seorang praktisi HR, Manajemen Mutu, Auditing and Competency Based training yang bertujuan untuk membantu orang mengembangkan potensinya secara maksimal. Surya mempunyai sertifikasi Internal Quality Auditor dari Neville Clarke, Lead Auditor dari SGS, Problem Solving and Decision Making dari Kepner Tregoe, CPHR dari SHRM. Surya dapat dihubungi di 0819 3210 5388 atau melalui email di dsuryar@gmail.com