Thursday, October 30, 2008

Tingkat baru dalam berpikir

Albert Einstein mengemukakan, "Masalah penting yang kita hadapi tidak dapat kita pecahkan pada tingkat berpikir yang sama seperti kita menciptakan masalah tersebut".

Tujuh kebiasaan manusia yang sangat efektif adalah tentang tingkat yang baru dalam berpikir ini. Tingkat berpikir ini merupakan pendekatan yang berpusat pada PRINSIP, pendekatan berdasarkan KARAKTER, pendekatan DALUR (dari dalam ke luar) terhadap keefektifan pribadi dan antar pribadi.

DALUR berarti memulai pertama dengan diri sendiri, bahkan lebih mendasar lagi, memulai dengan bagian paling dalam dari diri sendiri - dengan PARADIGMA anda, KARAKTER anda, dan MOTIF anda.

Jika pernikahan anda ingin bahagia, JADILAH jenis orang yang menghasilkan ENERGI POSITIF dan menyingkirkan energi negatif.

Jika ingin punya anak yang menyenangkan dan mau bekerja sama, JADILAH orang tua yang lebih pengertian, empati, konsisten dan penuh kasih.

Jika ingin memiliki ruang gerak yang lebih besar dalam pekerjaan anda, JADILAH orang yang lebih mau membantu dan lebih banyak memberikan dukungan.

Jika anda ingin dipercaya, JADILAH layak dipercaya.

JIka anda menginginkan kebesaran sekunder dari bakat yang diakui, FOKUSlah pada kebesaran PRIMER dan KARAKTER.

DALUR mengatakan kemenangan pribadi mendahului kemenangan Publik, Prinsip DALUR adalah sebuah PROSES yang berkesinambungan dari pembaruan yang didasari oleh hukum-hukum alam yang mengatur pertumbuhan dan perkembangan manusia.

Jika kita dengan sungguh-sungguh berusaha mengerti dan memadukan prinsip-prinsip ini ke dalam kehidupan nyata, saya yakin kita akan menemukan kembali kebenaran dari apa yang dikemukan oleh T. S. Eliot:

"Kita tidak boleh berhenti menjelajah dan akhir dari semua penjelajahan kita akan tiba dimana kita memulai dan mengetahui tempat tersebut untuk pertama kalinya."

Salam kepemimpinan,

Surya D. Rachmannuh,
surya_rachmannuh@yahoo.co.id