Thursday, October 30, 2008

Cara Kita Melihat Masalah adalah MASALAHNYA

Cara kita melihat masalah adalah masalahnya :

"Saya sudah mengikuti kursus mengenai pelatihan manajemen yang efektif. Saya berharap banyak dari karyawan saya dan saya berusaha keras untuk bersahabat dengan mereka dan memperlakukan mereka dengan benar. Akan tetapi, saya tidak merasakan loyalitas mereka. Saya kira jika saya tinggal dirumah karena sakit selama satu hari saja, mereka akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka mengobrol di dekat keran air minum. Mengapa saya tidak bisa melatih mereka menjadi mandiri dan bertanggung jawab - atau menemukan karyawan yang demikian?"

Etika Kepribadian mengatakan kepada saya bahwa saya dapat mengambil semacam tindakan dramatis - mengguncangkan segalanya - yang akan membuat karyawan saya berkembang dan menghargai apa yang mereka miliki atau ada sebuah program pelatihan motivasi yang akan membuat mereka memiliki komitmen atau bahkan saya dapat memperkerjakan orang baru yang akan melakukan pekerjaan yang lebih baik.

Masalahnya adalah, apakah mungkin dibawah perilaku yang tidak loyal itu, para karyawan ini mempertanyakan apakah kita benar-benar bertindak demi kepentingan terbaik mereka? Apakah mereka merasa kita memperlakukan mereka sebagai objek mekanis? Apakah ada sejumlah kebenaran dalam hal itu?


Dapatkah kita melihat betapa mendasarnya paradigma dari Etika Kepribadian mempengaruhi cara kita melihat masalah kita dan juga cara kita berusaha memecahkan masalah itu?

Apakah orang melihatnya atau tidak, banyak yang menjadi terkecoh dengan janji kosong dari Etika Kepribadian. Terkadag cara berpikir jangka panjang para eksekutif benar-benar tertutup oleh psikologi tipu muslihat dan pembicara "motivasional" yang memiliki tidak lebih dari kisah-kisah yang memikat dan digabung dengan kata-kata kosong.

Sesungguhnya mereka menginginkan ISI, mereka menginginkan sebuah PROSES. Mereka menginginkan lebih dari sekadar aspirin dan plester obat. Mereka ingin memecahkan masalah mendasar yang kronis dan berfokus pada prinsip-prinsip yang memberikan hasil jangka panjang.

Salam Kepemimpinan
Surya D. Rachmannuh
surya_rachmannuh@yahoo.co.id