Thursday, October 30, 2008

Rumus Sukses Kita

“Tabur PIKIRAN, tuai TINDAKAN
Tabur TINDAKAN, tuai KEBIASAAN
Tabur KEBIASAAN, tuai KARAKTER
Tabur KARAKTER, tuai NASIB”.

Karakter kita adalah gabungan dari kebiasaan-kebiasaan kita. Kebiasaan adalah faktor yang kuat di dalam hidup kita. Karena konsisten dan sering merupakan pola yang tidak disadari, maka kebiasaan terus menerus, setiap hari, mengekspresikan karakter kita dan menghasilkan keefektifan kita atau ketidak efektifan kita.

Orang yang menyaksikan perjalanan Apollo 11 ke bulan terpaku ketika melihat orang-orang pertama berjalan diatas bulan dan kembali ke bumi. Pujian yang berlebihan seperti ”fantastis” dan ”luar biasa” tidak cukup untuk menggambarkan hari-hari yang penting itu. Untuk sampai ke bulan, para astronot benar-benar harus lepas dari tarikan gravitasi bumi yang besar sekali. Lebih banyak energi dikerahkan dalam beberapa menit pertama peluncuran, dalam beberapa mil pertama perjalanan, dibandingkan yang digunakan selama beberapa hari berikutnya untuk menempuh setengah juta mil.

Demikian juga dengan kebiasaan, kebiasaan memiliki tarikan gravitasi yang besar sekali – lebih besar daripada yang kebanyakan orang sadari atau mau akui. Untuk memutus kecenderungan kebiasaan yang sudah tertanam dalam seperti

• menunda-menunda
• tidak sabar
• mencela
• atau egois

yang melanggar keefektifan manusia, anda perlu kekuatan kemauan dan perubahan yang BESAR dalam hidup. Peluncuran kebiasaan baru membutuhkan tenaga yang besar sekali untuk memutus tarikan gravitasi kebiasaan lama, agar kita bebas untuk memasuki dimensi baru atas kebiasaan-kebiasaan baru kita.

Gravitasi adalah kekuatan yang besar dan jika menggunakannya secara efektif, maka kita dapat memanfaatkan tarikan gravitasi dari kebiasaan baru untuk menciptakan kepaduan dan keteraturan yang diperlukan untuk menegakkan KEEFEKTIFAN di dalam hidup kita.

Jadi ubahlah :

menunda-menunda MENJADI Disiplin dan tepat waktu
tidak sabar MENJaDI SABAR
mencela MENJADI Mendengarkan
• atau egois MENJADI penuh kasih dan pengertian

Salam kepemimpinan,

Surya D. Rachmannuh,
surya_rachmannuh@yahoo.co.id