Thursday, January 15, 2009

Siklus 4D AI

Discovery: Fase Discovery adalah sebuah penemuan yang rajin dan ekstensif untuk mengerti “Apa yang terbaik” dan “Apa yang sudah terjadi”. Penemuan dimulai dengan tindakan kolaborasi dari rangkaian pertanyaan interview dan membentuk sebuah petunjuk wawancara. Pertanyaan AI tertulis sebagai pernyataan afirmasi pada sebuah nilai positif organisasi, pada area yang telah dipilih. Pertanyaan dibentuk untuk membangun sebuah cerita, memperkaya pandangan dan dialog internal pada keseluruhan organisasi dan membawa sebuah nilai positif utama kedalam sebuah focus secara menyeluruh.

Hasil dari Discovery termasuk :
• Formulasi dari hubungan dan aliansi yang baru, yang menjembatani bawaan-bawaan tradisi
• Sebuah deskripsi yang kaya atau memetakan nilai positif utama yang ada dalam organisasi
• Pembelajaran dan testimoni dari cerita tentang Best Practice bagi organisasi secara menyeluruh, inovasi yang berharga dan tindakan yang nyata
• Meningkatkan pengetahuan organisasi dan kumpulan kebijakan
Hasil-hasil ini, akan mempengaruhi kepentingan organik, perubahan yang tidak direncanakan sebelumnya, fase sebelum implementasi dan menjadi basis perencanaan pada fase berikutnya.

Dream: Fase Dream adalah sebuah eksplorasi dari “Jadi apa nantinya”, sebuah waktu bagi orang untuk mengekplorasi harapan dan cita-cita dari pekerjaan mereka, relasi kerja, organisasi dan dunia pada skala yang besar. Ini adalah sebuah waktu untuk sekelompok orang untuk berpikir besar, diluar batas dan berpikir diluar batasan yang pernah dilakukannya di masa lampau.

Tujuan dari fase Dream ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengembangkan generative, afirmasi dan pandangan harapan dari sebuah masa depan. Secara tipikal dapat diselesaikan dalam sebuah forum grup yang besar diaman kombinasi yang tidak biasa dari para stakeholder yang mengeksplorasi :
• Image yang kreatif dari organisasi pada potensi mereka yang paling positif
• Strategi visi yang inovasi
• Sebuah rasa elevasi tinggi dari sebuah tujuan

Design: Fase Design melibatkan pada pembuatan pilihan tentang “Apa yang seharusnya” dilakukan dalam sebuah organisasi atau system. Itu adalah sebuah reKreassi secara sadar atau transformasi melalui alat seperti sistem, struktur, strategi, proses dan images yang sejalan dengan Kekuatan organisasi di masa lalu (discovery) dan Potensi tertinggi di Masa Depan (Dream).

Destiny: Fase Destiny menginisiasi sebuah seri dari tindakan inspirasi yang mendukung pembelajaran dan inovasi yang terus menerus atau “Apa yang akan terjadi”. Karena siklus dari 4D menyediakan sebuah forum terbuka bagi karyawan untuk berkontribusi dan melangkah maju dalam pelayanan dari sebuah organisasi, perubahan biasanya muncul pada setiap fase dari proses AI. Pada fase Destiny, fokus secara spesifik pada komitmen pribadi dan organisasi serta jalannya ke depan. Hasil dari Destiny inin adalah sebuah perubahan yang secara paralel dalam organisasi yang meliputi :
• Management practices
• HR processes
• Measurement systems
• Customer service systems
• Work processes and structures

Bagaimana AI bekerja?

AI bekerja karena AI memperlakukan orang seperti orang dan bukan sebagai mesin. Orang adalah makhluk sosial. Kita menciptakan identitas kita dan pengetahuan kita dalam berhubungan dengan orang lain. Kita selalu ingin tahu. Kita suka memberikan cerita dan mendengarkan cerita. Kita memberikan nilai, keyakinan dan kebijakan kita dalam cerita. Kita suka belajar dan menggunakan apa yang telah kita pelajari untuk mendapatkan yang terbaik. Dan kita senang untuk melakukan pada hal yang kita perhatikan dan hargai. AI memampukan pemimpin untuk menciptakan organisasi manusia secara alami – meningkatkan pengetahuan, sebagai basis kekuatan, adaptasi, juga sebagai organisasi pembelajar.