Monday, January 12, 2009

Appreciative Inquiry

Appreciative Inquiry

Appreciate atau valuing; 1. sebuah tindakan dari mengenali potensi terbaik dari diri seseorang atau dunia di sekeliling kita, mengafirmasi masa lalu dan menunjukkan kekuatan, sukses dan potensi, untuk menyatakan hal-hal yang memberikan kehidupan (kesehatan, vitalitas, kesempurnaan) didalam menjalani kehidupan. 2. Meningkatkan nilai sebagai contoh ekonomi telah meningkat nilainya. Sinonim katanya adalah Menilai, menghargai, kepercayaan diri dan kebanggan.

Inquire : 1. tindakan eksplorasi dan penemunan 2. Mengajukan pertanyaan; untuk membuka sebuah potensi dan kemungkinan yang baru. Sinonim katanya adalah Penemuan, pencarian dan sebuah studi eksplorasi yang sistematik.


Appreciative Inquiry adalah tentang sebuah coevolusi penemuan untuk mendapatkan yang terbaik dalam diri orang, organisasi dan dunia yang relevan sekitar mereka. Lebih dalam lagi, AI melibatkan sebuah pencarian yang sistematik pada apa yang memberikan “kehidupan” dalam sebuah ekosistem kehidupan yang lebih baik, efektif dan kemampuan konstruktif terbaik dalam bidang ekonomi, ekologi dan kemanusiaan. AI melibatkan sebagai cara yang sentral, sebuah seni dan praktek dari pengajuan pertanyaan yang menguatkan sebuah system kapasitas untuk meningkatkan, mengantisipasi dan meninggikan nilai potensi positif. AI secara sentral meningkatkan mobilisasi dari inquirey melalui “pertanyaan positif yang tidak dikondisikan” (unconditional positive question), sering melibatkan ratusan bahkan ribuan orang. Intervensi tugas dari AI memberikan sebuah cara untuk mempercepat imajinasi dan inovasi; lebih dari negasi, kritik dan diagonisi spiral, maka disana ada Penemuan (Discovery), Mimpi (Dream) dan Desain (Design). AI mencari, secara fundamental, pembangunan sebuah kerjasama yang konstruktif antara sekumpulan orang dan topic yang dibicarakan orang secara keseluruhan seperti Pencapaian, asset, potensi yang belum dikembangkan, inovasi, kekuatan, pemikiran yang tinggi, kemungkinan, perbandingan, point tertinggi, nilai moral hidup tertinggi, tradisi, kompetensi strategic, cerita-cerita, ekspresi dari kebijaksanaan, sebuah pendalaman makna dari roh dan jiwa dan pandangan dari nilai dan kemungkinan masa depan.

Berbicara pada hal ini sebagai sebuah kesatuan, AI dalam segala peranannya bekerja dari nilai perubahan positive (Positive Change Core) dan diasumsikan bahwa setiap sistem kehidupan banyak sekali point positive yang kaya dan belum disentuh sama sekali sehingga, dengan melinkkan energi positif ini dalam agenda perubahn dan perubahan yang tidak pernah terpikirkann sebelumnya dimobilisasi dengan cepat dan demokratis

Surya D. Rachmannuh
Trainining Specialist
Certified Webmaster,
Problem Solving and Decision Making